0.13
Terkumpul
Rp 500.000
Muliakan Mbah Sis, Nenek Penjual Lontong
Di Posting: 16 Mei 2018

Mbah Sis, seorang nenek yang berjuang berjualan lontong di jalan Gilimanuk Bali, meski sangat miskin, tapi pantang meminta-minta. Yuk Ramadhan ini berikan kado spesial bagi para jompo dhuafa yang berjuang di jalanan.

0.13%
Terkumpul
Rp 500.000
Target
Rp 400.000.000
Waktu
40 hari lagi

Dalam perjalan menuju Kota Negara dari arah Gilimanuk, tepatnya di Banjar Sumbersari Desa Melaya kami menemukan hal yang menggetarkan hati, bagaimana tidak? Kami melihat seorang nenek sedang menunggu dagangannya yang berjajar di atas meja kayu usang. Spontan kami berhenti dan sarapan lontong di mbah sis, sapaan beliau.


Sambil berpegangan pada tiang lapak yang sudah reot, kami melihat beberapa baskom yang berisi lontong, sayuran kecambah dan sambal pecel. Sambil menikmati sarapan lontong sambal pecel di pagi itu kami mengobrol untuk mengenal nenek lebih jauh lagi. Ia menceritakan bahwa dahulu sekitar Tahun 1980-an, bersama suami merantau ke Bali dan bekerja sebagai buruh tambang batu kapur di desa ini. Dari mulai di Bali ia merasakan getir pahitnya kehidupan sebagai buruh tambang kapur, hingga lima tahun kebelakang ini mereka sudah tidak mampu lagi untuk menambang.

Berhenti bekerja bukan hanya karena usia namun karena keadaan sang suami yang sudah sering sakit-sakitan. Sejak lima tahun, sang suami hanya dapat berbaring karena penglihatannya pun sudah memudar bahkan nyaris tak mampu melihat lagi. Saat ini sang suami tinggal bersama anak putrinya yang tidak jauh berbeda dari kondisi ibunya.

"Mbah sekarang diusir dari gubuk nak." ujar Mbah Sis. Mbah Sis sekarang tinggal di gubuk di pedalaman dekat perkebunan kelapa. Meski tak berdaya, mbah Sis tak pantang meminta-minta, ia berjuang di jalanan untuk hidup mulia. 

Ramadhan ini, DSM akan menghadiahkan kado spesial lebaran kepada mbah sis dan jompo dhuafa lainnya untuk menyambut Ramadhan dan Idhul Fitri 1439 H. Mari bantu mbah sis dan keluarga. Klik Donasi untuk membantu mereka. :)

Belum ada update penyaluran dana
donasi sekarang