0
Terkumpul
Rp 964
Jalan 12 KM Di Usia 63 Demi 20 Ribu
Di Posting: 22 September 2022

Puluhan ribu atau ratusan ribu kilometer Mbah Suharno tetap harus berjalan, demi bisa makan

0%
Terkumpul
Rp 964
Target
Rp 50.000.000
Waktu
93 hari lagi

Hampir setengah abad Mbah Suharno berjalan kaki. Menjual es krim tung-tung keliling demi menyambung hidupnya. Jika ditotal. Mungkin puluhan ribu atau ratusan ribu kilometer. Yang jelas, dengan usianya mencapai 63 tahun sekarang. Mbah Suharno tetap harus berjalan hingga 12 KM demi bisa makan.



Mbah cerita, katanya di jalanan sering pingsan karena perutnya sakit karena menahan lapar. Namun, beliau ditolong oleh pengguna jalan. Mbah cuma bisa nangis sambil mengatakan, “Kalau mbah jatuh pingsan di jalan, mbah gak bisa jualan dan gak bisa makan hari itu nak..”

Jangan bayangkan keuntungan yang banyak. Mungkin hanya 15 atau 20 ribu yang bisa didapatkan Mbah Suharno dalam sehari. Dengan uang segitu, tentu kebutuhan mbah sering tidak terpenuhi. Apalagi jika es nya hari itu tidak laku. Mbah terpaksa hanya minum air putih dan menahan laparnya.

 


Kehidupan Mbah Suharno sangat sederhana. Ia hanya mampu menyewa kamar kecil ukuran 3x3. Di dalamnya tidak ada kasur, mbah tidur hanya beralaskan sarung. Bahkan bantalnya pun hanya spon bekas sofa pemberian tetangga yang ia bungkus pakai kresek sebagai pengganti sarung bantal.



Mbah Suharno sebenarnya memiliki keluarga. Akan tetapi, keadaan mereka juga tidak lebih baik dari mbah. Jadinya beliau, tidak ingin menambah beban keluarganya dengan tidak bekerja.

Meski hidupnya serba kekurangan, Mbah Suharno tidak pernah berhenti bersyukur. Ia sering membagikan es nya secara gratis untuk anak yatim dan anak-anak yang tidak mampu membeli es. Agar mereka tidak minder dengan temannya yang mampu membeli.

 


“Insha Allah, meski saya ga dapat uang, tapi saya dapat doa dari anak-anak itu. Semoga saja keberkahan selalu menyertai kita”

Sobat, Mbah Suharno hanyalah satu potret lansia yang ingin memiliki hidup layak dan kecukupan di usia senjanya. Mari jadikan alasan Mbah Suharno dan para lansia lainnya tersenyum hari ini dan hidup sejahtera dengan cara

Klik tombol "DONASI SEKARANG"
Masukkan nominal donasi
Transfer ke no. rekening yang tertera
Konfirmasi ke WA Center 0812-3767-1818 setelah melakukan donasi

Sobat, juga bisa ikut membagikan campaign ini ke teman atau saudara-saudara. Agar semakin banyak yang peduli dan berbagi. Insya Allah kebaikan Anda, menjadi ladang pahala dan keberkahan.

 

Belum ada update penyaluran dana
donasi sekarang