PERINGATI HKB, DSM ADAKAN KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA
26 April 2021

Bencana seperti kebakaran, gempa bumi, tsunami, banjir serta kondisi darurat lainnya, setiap saat dapat terjadi kapan dan dimana saja. Hal ini menyadarkan kita semua pentingnya menyikapi dan mengatasi bencana yang terjadi. Serta meminimalkan segala resiko dan kerugian yang ditimbulkan.

Senin, 26 April 2021, Dompet Sosial Madani (DSM) mengadakan pelatihan. Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), dengan tema “Membangun Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Bencana” 


              (Simulasi Bencana Gempa Bumi)


             (Simulasi Menuju Tempat Titik Kumpul)

Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dibentuk atas inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan tujuan mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari, untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana. Kegiatan ini dilakukan serentak secara nasional pukul 10:00 (sesuai wilayah) setiap tanggal 26 April.


      (Simulasi Tsunami, mencari tempat tertinggi)
                                  
Agenda ini diikuti oleh semua staf dan pimpinan Dompet Sosial Madani guna memperkuat slogan HKB tahun ini “Siap Untuk Selamat”. Pelatihan ini diawali dengan simulasi gempa dan tsunami. Dimana para peserta dilatih untuk mengetahui titik-titik tempat evakuasi, mengenai resiko bencana dan cara menghadapi adanya bencana.


                         (Titik Kumpul)

Selain itu kegiatan ini tidak hanya untuk para staf dan pimpinan Dompet Sosial Madani. Akan tetapi kegiatan ini juga dibagikan melalui sosmed DSM.  Agar masyarakat juga bisa berpartisipasi saat terjadinya bencana.  Sebab kunci keselamatan adalah siap siaga dan tangguh ketika bencana. Kesiapsiagaan berawal dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Kenali ancaman bencana di sekitar kita. Serta pahami cara evakuasi dan persiapkan tas darurat.

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :