Perahu Harapan, Upaya Meningkatkan Taraf Hidup Nelayan Pasca Tsunami
30 Januari 2019

Perahu Harapan, Upaya Meningkatkan Taraf Hidup Nelayan Pasca Tsunami

Tsunami Selat Sunda, terjadi jelang tahun baru 2019 (22/12), meninggalkan cerita duka bagi warga Banten yang mengalami. Kerugian harta benda bahkan jiwa tidak bisa dielakkan.

Bapak Sakmad dan Bapak Sardi, sehari-hari sebagai nelayan di pantai Karangbolong, mengalami dampak tsunami. Perahu untuk mencari nafkah patah akibat diterjang tsunami.

Nelayan di pantai Karangbolong ini tidak bisa melaut karena ketiadaan biaya untuk memperbaiki perahu. Mereka juga tidak punya simpanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pemenuhan bahan pokok mengandalkan bantuan dari pemerintah, donatur, dan hutang di warung. Sebelum diterjang tsunami, nelayan yang tinggal di Desa Umbul Tanjung Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang Banten ini mampu menjaring 1/2 sampai 1 ton ketika musim ikan.

Tahap awal untuk memulihkan mata pencaharian nelayan, DSM berikan bantuan perbaikan perahu untuk Bapak Sakmad dan bapak Sardi.

'Terima kasih telah membantu saya karena ini adalah satu-satunnya mata pencaharian saya", terang Bapak Sakmad, 39 tahun. "Saya senang sekali karena bisa melaut lagi untuk menghidupi keluarga saya", tambah Bapak Sardi, 46 tahun.

Bantuan diterima dengan senang hati dan semangat untuk kembali melaut. "Terima kasih kepada DSM telah membantu kelompok nelayan disini, walau jarak kita jauh, tapi DSM masih memperhatikan kebutuhan kami, semoga DSM tetap bisa menebar kemanfaatan di seluruh pelosok negeri," imbuh ibu Revi selaku koordinator kelompok nelayan.

Tahap selanjutnya DSM bekerjasama dengan relawan Banten memberikan pendampingan kelompok nelayan. Dari proses pendampingan ke depan nelayan diharapkan mampu mengelolah keuangan secara baik. Agar hasil nelayan ketika melimpah dapat ditabung atau dikelola secara produktif.

Nelayan mampu memenuhi secara mandiri kebutuhan modal dan perahun, sehingga taraf hidup semakin meningkat.

Mari sobat #berbagi, bersama-sama ajak teman, sahabat, dan keluarga untuk ikut bergabung #patungan100ribu demi terwujudnya perahu harapan yang In Syaa Allah akan membantu pemulihan ekonomi para nelayan di Banten.

Salurkan kepedulian sobat melalui Rekening :

BCA 0491616171
BNI Syariah 022 6075 639
an Yayasan Dompet Sosial Madani

Konfirmasi wa.me/6281237671819

www.dompetsosial.id

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :