LAZ DSM Bali Gandeng Bimas Islam Salurkan Program Rawat Jompo
05 Maret 2021

Setahun penuh pandemi covid-19 menjadi tantangan bagi setiap elemen masyarakat khususnya lembaga sosial untuk terus melayani keluarga pra-sejahtera dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Berbagai program digulirkan baik dijajaran pemerintah maupun swasta semua berlomba dalam kebaikan. Senin, 1 Maret 2021 LAZ Dompet Sosial Madani Bali bersinergi dengan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menyalurkan bantuan secara simbolis dengan nama Program “Rawat Jompo”.

Program rawat jompo merupakan salah satu program kemanusiaan yang berupa pemberian bantuan langsung untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan (sembako) dan tempat tinggal (bedah rumah). Diharapkan melalui program ini, masyarakat menyadari pentingnya program kemanusiaan berupa pengabdian dalam merawat orang tua/lansia/jompo di tengah kehidupan masyarakat.




Pada kesempatan ini pula, Bapak Drs. H Nasir mewakili Bimas Islam Kemenag Provinsi Bali yang merupakan pengawas dan pembimbing lembaga zakat di Bali menyampaikan bahwa perlunya sinergi berbagai pihak untuk terus berusaha menyelesaikan permasalahan pandemi ini khususnya kemiskinan yang ada di pedesaan. Jangan sampai layanan terhenti hanya karena pandemi yang belum selesai, Beliau juga mengingatkan perlunya keseriusan menjaga protokol kesehatan saat penyaluran atau bertemu dengan para penerima manfaat agar tidak sampai menambah beban dengan terjadinya penularan atau klaster baru setelah kegiatan penyaluran.

Penyaluran simbolis program ini sendiri dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor Kepala Desa Melaya, turut hadir Perbekel Desa Melaya Bapak Nyoman Warsana beserta para kelian banjar yang ada di Desa Melaya. Setelah simbolis serah terima bantuan yang diwakili oleh 2 lansia di Desa Melaya. Kegiatan berlanjut pada kunjungan penerima manfaat berupa bedah rumah Nenek Wati, seorang disabilitas yang harus merawat ibunya seorang diri. Selama ini, Nenek Wati berjuang dengan terus berusaha membuat sapu lidi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Secara keseluruhan Bapak Andy Krisna (Direktur LAZ Dompet Sosial Madani) menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya di area Desa Melaya namun mencakup beberapa wilayah di Kabupaten Jembrana yang secara total bantuan berupa 120 kotak nasi, 3 unit bedah rumah, 2 unit renovasi rumah, 100 paket sembako, 3 paket bantuan modal usaha, dan  1 paket bantuan kesehatan. Disampaikan pula bahwa selain bantuan langsung ini akan dilaksanakan pendampingan berupa edukasi kesehatan pribadi dan lingkungan tempat tinggal sekaligus pendampingan kemandirian secara ekonomi melalui sinergi program pemberdayaan dengan mengangkat usaha kearifan lokal.

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :