DSM Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban Sesuai Prokes dan Ramah Lingkungan
20 Juli 2021

Dompet Sosial Madani (DSM) Bali laksanakan pemotongan hewan kurban di Rumah Bakat Anak, Jl. Gunung Kalimutu Gang IX No. 8 Denpasar pada Selasa, 20 Juli 2021

Pemotongan ini menggunakan protokol kesehatan ketat dengan menekankan penggunaan masker dan larangan berkerumun. Jumlah panitia dibatasi hanya sekitar 15 orang saja. Dari penyembelihan, pengulitan, pencacahan dan pengemasan sudah disiapkan sedimikian rupa.

Amuflihin Amim, selaku pengurus RBA dan koordinator pemotongan hewan kurban DSM mengatakan jika semua panitia sudah mendapatkan edukasi terkait protokol kesehatan. 

"Tentu kami sangat sadar dengan pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Semua yang terlibat sudah kami kumpulkan untuk diedukasi. Jangan sampai ada yang melanggar" katanya. 

DSM memotong sekitar 20 kambing dan 4 sapi pada hari ini. Daging hewan kurban akan dibagikan pada masyarakat prasejahtera yang ekonominya terdampak pandemi covid-19. 

Nur Soleh, Manajer DSM mengatakan jika pembagian ini akan dilakukan dengan melibatkan relawan dan diantar ke tempat tinggal penerima manfaat secara langsung untuk menghindari kerumunan. 

"Kami sudah mengantongi data dan nama-nama calon penerima manfaat daging hewan kurban ini. Penerima adalah masyarakat prasejahtera, terutama yang terdampak corona. Semuanya akan diantar langsung demi meminimalisir kerumunan" terangnya. 

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat. DSM juga berusaha menjaga lingkungan. Kemasan daging yang akan dibagikan menggunakan besek bambu dilapisi daun pisang untuk menjaga kualitas daging tetap bagus dan ramah lingkungan. 

"DSM sangat perhatian pada lingkungan. Sudah 3 tahun kami menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik" lanjut Nur Soleh. 

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :