Dana Wakaf Untuk Apa?
24 September 2021

Wakaf Produktif adalah harta benda atau pokok tetap yang diwakafkan untuk dipergunakan dalam kegiatan produktif. Selain itu, Wakaf Produktif mengajarkan kita peduli pada sesama. Harta yang kita wakafkan, akan digunakan untuk kepentingan bersama. Baik di bidang peternakan, pertanian, perdagangan, industri atau jasa. Dimana hasil atau keuntungannya diberikan kepada orang-orang yang berhak sesuai dengan tujuan wakaf.

HIKMAH WAKAF

Dalam berwakaf tidak akan pernah rugi. Sebab wakaf adalah amalan yang tidak akan putus pahalanya, walaupun kita sudah tiada. Seperti dalam sabda Rasulullah SAW “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.” (HR Muslim).

Dengan berwakaf akan menjauhkan diri dari cinta harta dan dunia. Sebab kita harus ingat bahwa harta bukanlah milik kita. Tapi titipan dari Allah yang harus dipertanggung jawabkan di akhirat. Dengan wakaf, maka harta tersebut tidaklah terbuang sia-sia akan tetapi tetap terjaga. Allah berfirman “Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari rida Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah : 265).

Bekat berwakaf dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sebab wakaf diperuntukkan bagi kepentingan umum baik di bidang agama, sosial, kesehatan, peternakan, pertanian, perdagangan, industri atau jasa. Dengan adanya wakaf maka akan membantu saudara kita yang membutuhkan.

Dari wakaf turut melatih jiwa untuk sukarela dalam berbagi. Dengan berbagi kepada sesama, kita menyebarkan virus kebahagiaan.

Penggunaan Dana Wakaf DSM

Dana wakaf yang Anda keluarkan melalui DSM, akan digunakan pada :

1. Klinik Rumah Sehat Madani.
Klinik ini adalah salah satu wakaf produktif seperti menyediakan perlengkapan medis, memberikan bantuan berobat atau biaya operasional kesehatan dan memberikan gaji untuk para staf medis maupun biaya kesehatan lainnya.
2. Kos-kosan Madani
Kos-kosan ini dibagun atas tanah wakaf, dimana kos-kosan tersebut dipergunakan untuk kepentingan sosial, sebagai rumah singgah para pasien yang berobat.
3. Lahan Perkebunan dan Peternakan
Bidang lahan yang cukup luas dikelola dalam program ternak rakyat maupun perkebunan seperti singkong. Memberdayakan masyarakat dan hasilnya pun akan digunakan untuk masyarakat dalam menuntaskan kesenjangan ekonomi. Wakaf produktif ini terletak di Jembrana, Bali 

Jadi wakaf produktif bisa dikatakan sebagai amalan utama. Manfaatnya sungguh luar biasa. Tiada yang sia-sia dari berwakaf. Serta pahalanya pun tidak hanya mengalir di dunia, bahkan menemani kita hingga ke surga.

Oleh karena itu jangan ragu berwakaf yaa. Wakaf bisa dimulai dari Rp 10.000

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani)

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :