Bina Masyarakat di Pelosok Bali
21 Februari 2018

BINA MASYARAKAT SEHAT PELOSOK

Senin (19/2). Perjalanan yang cukup menantang dengan kondisi wilayah perbukitan dan jalan yang cukup ekstrim tidak menyurutkan langkah tim kesehatan dari Rumah Pelatihan Kesehatan DSM BALI kembali menyapa dan berbagi dengan ibu dan balita di posyandu Nurussyifa’ Tembare Banjar Dinas Kubu Desa Pegayaman Buleleng. (Dapat disaksikan Video perjalanan menuju posyandu pelosok dibawah ini)

Posyandu ini merupakan salah satu posyandu yang menjadi wilayah binaan dari Bidan Desa Rina. Kegiatan posyandu secara rutin berupa penimbangan balita, pemeriksaan ibu hamil, pemberian makanan tambahan dan pemberian vit A untuk anak usia 6 bln sampai 5 tahun.

Hal yang berbeda terlihat di posyandu yaitu tim gizi dari RPK DSM BALI yaitu Bu Novi Tri Rahmasari memberikan penyuluhan tentang “ Pengolahan Makanan Sehat Berbahan Dasar Tempe “ yang dihadiri peserta sebanyak 50 ibu dan balita. Gizi dan makanan sehat bisa didapatkan tidak harus dari bahan yang mahal tapi bisa kita peroleh dari makanan yang sering kita makan hanya dengan kreasi pengolahan yang berbeda. Anak –anak yang tidak menyukai tempe dan terbiasa jajan diluar bisa sangat suka dengan tempe yang diolah dengan kemasan berbeda.

Makanan yang diolah dari bahan dasar tempe adalah brownies tempe, keripik tempe, nugget tempe, sate tempe, tempe bacem, dan kukis tempe. Para ibu yang hadir sangat tertarik dan baru mengetahui ternyata tempe bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, yang selama ini mereka tahu hanya digoreng saja. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu dalam mengolah dan menyajikan makanan sehat bagi anak-anaknya.

 

Bagikan artikel ini untuk orang-orang terdekat anda melalui :