Tepat Milad ke-17, DSM Bali Raih BAZNAS Award 2017
August 26, 2017
Tahun Baru Islam, Muslim Bali Gelar Jalan Sehat Santri dan Doa Bersama
September 22, 2017
Show all
Program Qurban – Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat (01/09/17) menjadi sebuah keberkahan bagi umat seluruh dunia khususnya umat Islam. DSM (Dompet Sosial Madani) dalam program qurban ke pelosok kali ini berbeda seperti tahun sebelumnya. Tahun ini DSM menggunakan besek bambu alami dalam pendistribusian daging qurban.
“Besek bisa mengurangi sampah plastik yang tak bisa didaur oleh alam. Dengan besek daging juga lebih aman dari kontaminasi bahan kimia plastik, lebih sehat serta membantu para pengrajin besek untuk lebih sejahtera.” kata Andy Krisna, direktur DSM.
Suasana Pemotongan hewan qurban di Buleleleng
Dalam kemasan qurban menggunakan besek, bagian bawah besek dilapisi daun pisang, daun jati, atau daun lain, sehingga kelestarian alam tetap terjaga.
 besek dengan alas daun pisang untuk mengemas daging
Program Qurban ke Pelosok DSM tahun ini mengambil tema Qurban Bukti Iman dengan menjangkau pelosok Bali, NTB, NTT, Kepulauan Sepeken dan Palestina.

Mengapa qurban DSM selalu disalurkan ke pelosok ?  karena 90% hewan Qurban di Indonesia masih dibagikan di masyarakat perkotaan (sekitar tempat tinggal pequrban) yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkan daging Qurban.

Penyaluran hewan qurban hanya fokus di sekitar masjid-masjid dan sekitar lokasi pemotongan, belum banyak yang menyentuh masyarakat korban bencana dan kantong-kantong kemiskinan di seluruh wilayah Indonesia terutama daerah pelosok dan minoritas muslim.

Per tanggal 4 September di hari tasyrik terakhir Jumlah hewan qurban sebanyak 380 ekor yang disalurkan ke pelosok Bali, NTB, NTT, Pulau Sapeken dan Palestina.
Dengan misi bersama peduli sesama, DSM terus berupaya untuk menjaga dan melaksanakan amanah yang telah para pequrban berikan. Karena qurban adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu dan memiliki banyak nikmat dalam hidupnya. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Kautsar : 1-2 :

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
Maka shalatlah engkau karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Kami ucapkan terimakasih kepada para donatur qurban semoga berkah dan manfaat serta diluaskan rizkinya. Kepada para relawan dan media terimakasih telah membantu secara sukarela dalam kegiatan program qurban ke pelosok ini.

Video Qurban Pelosok Dompet Sosial Madani

video program qurban ke pelosok dengan menggunakan besek ini dibuat oleh relawan yang juga alumni anak binaan DSM.

Liputan NET TV

Liputan program qurban DSM di Kampung Bugis yang menggunakan besek

Summary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *